03
Mar
09

3 Rahasia bermain Catur

Oleh: Zhigen Lin

Catur amat populer sebagai sebuah permainan kompetitif sekaligus rekreatif. Berasal dari India, permainan ini menyebar cepat ke Persia hingga Eropa Selatan. Sekarang, catur merupakan permainan paling populer. Permainan ini dimainkan jutaan orang di berbagai klub catur, di rumah, melalui koresponden, secara online, maupun di dalam turnamen.

Saat ini saya ingin bicara tentang “rahasia catur.” Bagaimana mungkin permainan sederhana ini menjadi alat rekreasi yang kompetitif, dimainkan petak demi petak di atas 64 petak –delapan kali delapan kotak– antara dua pemain? Jawabannya, tentu saja, tidak mudah ditemukan.

Karenanya, banyak sekali kemungkinan kebenaran hipotesa mengenai “rahasia catur.” Di bawah ini, saya akan memberi penilaian, mana bagian yang menjadi mitos dan mana yang menjadi fakta tentang rahasia catur.

1. Komputer Dapat Memecahkan Rahasia Catur

Komputer kini adalah lawan terkuat. Komputer bisa menganalisa jutaan posisi dalam waktu sedetik (Program Rybka), semudah statistik. Sekarang ini terdapat kemungkinan 318.979.564.00 kemungkinan saat menggerakan empat langkah pertama bidak catur. Sementara, Yayasan Catur Amerika menemukan bahwa terdapat 169.518.829.100.554.000.000.000.000.000 kemungkinan langkah saat permainan catur memasuki langkah ke 10. Untuk komputer, besar kemungkinan benda ini bisa memecahkan seluruh permainan dengan cara memberi penilaian secara cepat satu langkah yang benar.

Dalam catatan lain, jika sebuah komputer dapat memecahkan permainan catur, seorang manusia tak akan mampu mengingat sekian juta langkah untuk mengalahkan seseorang –ini terlalu sulit. Karena itu penggunaan komputer untuk memecahkan rahasia permainan catur dinilai amat tidak efisien.

Penilaian: Tidak Masuk Akal

2. Berdandan ala Grand Master membuat Anda bermain seperti Maestro

Ini favorit saya. GM Nigel David Short kerap disebut sebagai pecatur Inggris abad 20. Dia menjadi grandmaster pada usia 19 tahun, dan menjadi penantang Juara Dunia Catur Garry Kasparov di London tahun 1993. Hingga sekarang ia masih aktif bermain, dan kesuksesan Short tetap berlanjut. Kini ia melatih catur, menjadi kolumnis dan aktif sebagai komentator.

Saat kembali ke laga dunia di Commonwealth Chess Championship 2008, Nigel Short berkata, “Tentu saja, saya harus berjuang pada posisi sekarang. Saya barangkali sekarang tidak lagi bermain seperti seorang grandmaster. Maka saya memutuskan paling tidak saya berpakaian seperti para GM. Saya mulai memilih kemeja dan dasi, meski banyak orang bilang itu terlalu panas. Saya pikir saya sedikit terlambat saat memulai. Tapi inilah jalan yang saya temukan untuk menarik diri saya keluar dari dalam lubang.”

Barangkali, memang benar ada kaitan berkemeja dan berdasi bagi seseorang untuk menempatkan “kerangka berpikir secara benar.” Buktinya, dalam turnamen itu Nigel Short menempati urutan pertama!

Penilaian: Masuk Akal

3. Maksimalisasi Kesempatan dari Kesalahan Lawan

Dalam sebuah naskah tahun 2003, seorang penulis prihatin melihat pecatur kuat dunia –pemain catur terkuat di dunia berusia 19 tahun ke atas. Penulis naskah itu adalah Neil Sullivan dan Yves Casaubon. Sementara, pecatur terkuat yang tidak berada dalam rentang usia itu menurut Chessbase saat ini adalah Arkadly M Gilman (rangking 2237 FIDE tahun 2003). Dia warga asli Rusia yang kini menetap di Kanada.

Sementara, analisa pertandingan Aekadly Gilman melawan J. Grondin di Le Bolduc II, Montreal, Kanada, tahun 2003, yang dimenangkan oleh Gilman dalam 23 langkah, menurut penulis naskah karena disebabkan kesalahan lawan melangkah. Inilah salah satu misteri rahasia catur. Dalam pendapat saya, ini merupakan jalan terbaik untuk mengungkap sebuah rahasia catur. Dengan membiarkan lawan melakukan kesalahan, anda dapat mengeskploitasi kesalahan geraknya. Dan dengan memaksimalisasi kemungkinan dia melakukan kesalahan gerak, anda semakin memiliki peluang untuk memanfaatkan kesalahan lawan.

Salah satu cara menggunakan kesalahan adalah melalui persiapan pembukaan. Dengan mengejutkan lawan di papan, lawan anda akan terperangah dan sebagai reaksinya dia dapat melakukan kesalahan melangkah. Tentu saja anda tak bisa memperkirakan kapan kesalahan itu terjadi.

Penilaian: Masuk Akal

In Chess We Trust

40 Responses to “3 Rahasia bermain Catur”


  1. 1 Mintoel
    Maret 8, 2009 pukul 4:51 pm

    Gambarnya digedein biar pake hp lebih jelas.

  2. 2 pecaturjogja
    Maret 24, 2009 pukul 5:42 pm

    artikelnya bagus2,boleh dong belajar dari mas achoox..!!salam kenal pecaturjogja

  3. Maret 25, 2009 pukul 1:14 am

    wah.. saya juga baru belajar kok :D .. salam kenal juga :)

  4. 4 Pemula setengah
    Oktober 13, 2009 pukul 3:19 pm

    Ikut koment ye…
    Untuk tulisan yang no.1 saya rasa pernah baca di artikel, apakah anda mengutipnya? soalnya mirip banget tulisannya, tapi kayanya anda mengambil sebagian ya…

  5. 5 Pemula setengah
    Oktober 13, 2009 pukul 3:20 pm

    Tapi yang lainnya saya baru tau… lumayan nambah pengetahuan lagi… Tkx

  6. 6 morissitepu
    Oktober 30, 2009 pukul 12:37 pm

    trims atas infonya

  7. 7 raya
    November 17, 2009 pukul 11:15 pm

    ku cba kuasai trik ini

  8. Februari 9, 2010 pukul 9:40 am

    bagus banget…. :)
    jln2 ke blog saya yang baru…

  9. 9 Joedi Moeljanto
    Maret 12, 2010 pukul 9:40 pm

    hmmm …

  10. Mei 7, 2010 pukul 7:57 pm

    hmm.. artikel menarik.
    kalau pola pikir pemain catur gimana ya?

  11. 11 rohman.jz
    Agustus 26, 2010 pukul 9:54 pm

    wwwwwwwaaaaaahhhhhh,,,,, sungguh menkjubkan

  12. 12 nytha
    Oktober 30, 2010 pukul 12:38 pm

    I LIKE CHESS….

  13. Oktober 30, 2010 pukul 12:40 pm

    Permainan catur sangat menyenangkan.
    SALAM KENAL PARA PECINTA CATUR SE-INDONESIA.

  14. November 8, 2010 pukul 10:24 pm

    rybka itu apaan se mas….

  15. 15 lindo
    November 24, 2010 pukul 4:17 pm

    mantap bgetttttttt

  16. Februari 16, 2011 pukul 9:57 pm

    Wah,,,,,,,
    boleh dicoba tuh !!!!!!

  17. 17 M.Roid G.Catur
    Mei 22, 2011 pukul 6:59 pm

    -=_(Tolong ajarin donk)_=-

    [Terimakasih]

  18. 18 Marc
    Mei 27, 2011 pukul 11:44 am

    maen catur kalo udah di plototin bidak2 caturnya jd lupa waktu, tp enak jg maen catur

  19. 19 razer
    Juni 19, 2011 pukul 10:44 pm

    saya pngen tw cara cepat matikn lwan

  20. 20 Felix
    Agustus 26, 2011 pukul 7:24 pm

    Cara cepat 4 langkah..
    Gua tau caranya.

  21. Agustus 31, 2011 pukul 4:57 am

    gw dah ngalahin komputer mulai dri expert sampai ke master yg berjenggot,nah gw slalu menang kalau lawan komputer,tpi pas gw main benaran kali2 suka kalah knp ya?padhal tu musuh gw ga ada master2nya kalau dibandingin komputer,apa main ma yg bego gw jdi blo,on juga ya?

  22. November 26, 2011 pukul 6:17 pm

    tolong bimbimanganya untuk dapat menjadi pemain catur yang baik dan kuat.

  23. November 28, 2011 pukul 8:09 am

    benar otak manusia bisa menjimpan brapa ribu kata,dibandingkan komputer.saya setuju dgn itu.di saat musuh melangkah salah.thks kawan.

  24. Desember 8, 2011 pukul 2:48 pm

    main catur kuncinya hanya teliti. terhadap langkah langkah lawan.

  25. Desember 8, 2011 pukul 2:49 pm

    kalau mau jadi pecatur kuat gimana yaachh?

  26. Desember 8, 2011 pukul 8:34 pm

    Tanks dah menambah pengetahuan

  27. 28 Rochani
    Desember 28, 2011 pukul 9:47 pm

    ya bagus, bisa lebih kreatif lagi

  28. 30 Rio
    Januari 11, 2012 pukul 2:54 pm

    bagus gan, kirim lagi donk

  29. 31 Jhoni
    Januari 15, 2012 pukul 10:54 pm

    Boleh juga dcba.

  30. Januari 21, 2012 pukul 10:46 pm

    ada ngga cara cara cepat mengalahkan musuh

  31. April 3, 2012 pukul 7:14 pm

    buat muhammad rizal cara mudah kalahkan musuh ada ko ya itu sbelum main usahakan kasi minum minuman yg tlah dicampur obat tidur

  32. April 3, 2012 pukul 7:37 pm

    buat getra Gm muda dan semua pecinta catur aye punya problem catur 3 langkah mat inofasi sendiri putih jln dulu hitam mati dlm 3 langkah ni posisix putih Bb2 Bf2 Bg6 Bf7 Ga8 Gg1 Gh7 Gd8 Ke5 Kd7 Kf8 Mh6 Pb2 Pf2 Rf4 hitam Ra1 Gd3 notasi R=raja m=mentri B=benteng K=kuda G=gajah=pluncur P=pion silahkan susun dipapan caturx janga nagku GM klo gak bisa pecahin problem catur aye

  33. 35 obi kedungmalang
    Juli 23, 2012 pukul 2:35 pm

    aduh be mm parah ngik
    nyong tembe dolanan catur kalah langsung

  34. 36 ayu liya revandha caresayuhea
    Agustus 6, 2012 pukul 10:45 pm

    saya sudah berhail menjatuhkan lawan dalam 3 kali langkah

  35. Agustus 17, 2012 pukul 12:40 am

    tlong doa’in gw ya……
    spya gw jdi master catur dunia……
    dan bisa mengharum nama bangsa indonesia
    Aamiiiiiinn…..

  36. 38 Dimas
    Mei 1, 2013 pukul 12:22 pm

    doa in q ya biar bisa menang dlm pertandingan catur
    amin……..

  37. September 14, 2013 pukul 9:06 pm

    mantap bro,,ane thun dpan mau ikut turnament d moscow rusia,doain ya biar menang,,

  38. September 14, 2013 pukul 9:11 pm

    knapa ya di indonesia gm master ga ada yg berani ikut turnament ,ane aje mau lawan mangnus carlsen,,ayo tunjukin kemampuan kita,,


Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

