12
Mei
09

Problem Catur 5

Halo om SanSan nih Problemnya aku posting sekalian aja biar pengunjung setia blog ini ngga bingung :)
Raja Hitam mati dalam 3 langkah hayoo siapa yang tahan?! :mrgreen:

Problem Catur 5
*Problem asli buatan om SanSan

41 Responses to “Problem Catur 5”


  1. 1 sansan
    Mei 13, 2009 pukul 3:34 pm

    Saya mestinya memberikan problem yg mudah dahulu,biar pada semangat mencari jawaban.saya perkirakan yg bisa jawab problem 5 minimal rating 1600 (di playchess.com)….padahal yg buat problem 5 ini non master coy… tiap buah mengambil peranan masing2 yg tdk bisa dibuang 1 pun.disana terdapat KETERATURAN YG HARMONIS..karena kuncinya cuma 1 tdk ada yg lain.JANGAN BILANG BISA NYATUR KALU GAK BISA JAWAB PROBLEM 5 YG CUMA BUATAN NON MASTER !! hehehe….

  2. Mei 16, 2009 pukul 12:56 am

    eh.. yg punya problem komen duluan nih.. hehehe :D … betul om Sansan! mudah2an jawabnya juga ngga ada campur tangan engine… ;)

  3. 3 sansan
    Mei 16, 2009 pukul 11:09 am

    Sampai saat ini saya belum pernah temukan problem 3 langkah mat buatan putera/puteri dari tanah air seperti yg saya bikin.Dimajalah intelejensia no 9,10,dan 11 semua problem buatan org indonesia hanya 2 langkah mat saja.Apa demikian sulitnya membuat problem 3 langkah ? Bila menjawabnya saja demikian susah apalagi membuatnya! Di Indonesia komponis/penggubah problem masih blm mendapat tempat yg selayaknya seperti di luar negri.Kreativitas masyarakat kita sepertinya masih rendah,atau mungkin karena di luar negeri ada kontes menggubah problem,yg disini belum ada.Atau juga karena yg memiliki komputer untuk menganalisa hanya sedikit dari para pecatur kita! Saya berharap suatu hari di tanah air kita ada suatu perkumpulan para problemis …

  4. Mei 17, 2009 pukul 10:00 pm

    Coba dulu
    1. Rxg1

    Ngomong2, om sansan dan Nurta San itu orang yang sama ya?

    Gimana rumusnya bikin problem catur?

  5. Mei 17, 2009 pukul 10:12 pm

    Yang tadi salah. :D
    kalo ini gimana:
    1. Nd8

  6. Mei 17, 2009 pukul 11:05 pm

    Coba lagi ah. Sorry cuma menuhin komentar. :D
    Kalo gini gimana?:

    1. Rg3 h1Q
    2. Ne1+ Kb5
    3. Nc2+

    1. Rg3 Rxg3
    2. Nd6+ Kb5
    3. Ra1+

    1. Rg3 Bxg3
    2. Nd6+ Kb5
    3. Bd8+

  7. 7 sansan
    Mei 18, 2009 pukul 10:36 am

    Arsdc…wah pake rahasia segala namamu.kenapa ? jgn malu2 gitu.Sansan dan Nurta San itu berbeda orang.Yg satu jago buat problem yg lain jago bikin blog.Mudah-mudahan tdk ada campur engine.jawabmu benar…Tapi andaikan kamu bisa jawab mestinya anda kurang lebih bisa buat problem juga toh ? hehehe…tinggal kerajinan & kreativitasmu saja.Cara membuat problem itu sangat sulit ditularkan/diajarkan.Sama dengan mencipta sebuah lagu merdu..Yg utama adalah daya imajinasi yang kuat.misalkan soal diatas saya bikin dgn analisa Chessmaster itu sebetulnya tdk serumit kelihatannya,jika anda sudah terjun mencoba mereka-reka sendiri !Saya hanya mengatakan ..IMAJINASI SAYA MENGALIR BEGITU SAJA…Saya hanya berusaha mencari keharmonisan didalamnya.Coba anda lihat pion d4 pada diatas,sebetulnya tdk perlu ada.Ia tdk berperan apa-apa ! Tapi jika dihilangkan gajah h4 bisa memberi skak di g3,yg membuat pemain cenderung mencari kunci dgn menutupnya dgn Benteng g3,yg memudahkan kuncinya.Jadi menurut saya pion d4 perlu,demi menjaga problem tetap tersembunyi.Atau adakah dari pencinta catur yg bisa memberi ide pada saya ? boleh ke Sansan 0899 8531 685.

  8. 8 sansan
    Mei 18, 2009 pukul 10:42 am

    komentar diatas saya ralat..pion d4 perlu agar gajah h4 tidak bisa mengancam skak di f2.

  9. 9 sansan
    Mei 18, 2009 pukul 4:11 pm

    arsenal disconnect itu ntk mengingat namamu.dimana aku dapat menghubungimu…

  10. 10 sansan
    Mei 18, 2009 pukul 4:21 pm

    Bagi sesama pecatur ditanah air saya minta pooling untuk MENILAI HASIL KARYA
    KU DIATAS (problem 5) Kritik & saran saya terima dgn terbuka.

  11. Mei 18, 2009 pukul 5:51 pm

    Wah bener ya? Padahal 2 jawaban sebelumnya ngaco, terburu2 ngepost hehe. Pusing liat monitor sambil ngebayangin posisi, akhirnya saya coba otak atik pake papan catur.

    Oh iya, dc itu bukan disconnect, tapi alamat rumah :D

    Problemnya bagus. Saya jadi penasaran, gimana rumus mudahnya untuk bikin problem catur?

  12. Mei 18, 2009 pukul 6:31 pm

    …selain imajinasi

  13. 13 Sansan
    Mei 18, 2009 pukul 10:06 pm

    sdr arsdc…yg jelas tiap problem harus ada triknya,seperti pesulap.Untuk sampai menjadi soal diatas juga saya butuh proses,jadi mula-mula saya buat problem yg lebih sederhana.Nanti jika sdr Nurta San tdk keberatan akan ditampilkan problem-problem awal saya hehehe…Saya juga sudah sering menjawab soal-soal 3 langkah mat,itu sangat penting buat pengalaman.Seorang pesulap pasti sebelumnya suka akan trik sulap & ingin mengetahui triknya bkn ? Saya bukan orang yg suka MERAHASIAKAN KEMAMPUAN MENGGUBAH PROBLEM.Saya senang anda menanyakan bagaimana membuat problem ? Tapi saya belum pernah membuat yg 2 langkah mat.Kurang tantangannya…Jadi saran saya banyaklah mengamati soal-soal yg sederhana dulu.SEPERTI SOAL DIATAS JUGA SEDERHANA untuk para genius…Tapi jika anda perhatikan soal yg rumit karya para GM kita ga bisa belajar banyak.Lukisan abstrak atau lagu klasik cuma dimengerti para genius bro….Problem saya seperti lagu populer yg mudah dirasakan merdunya.Lah emang sanggupnya buat yg gitu…Walau saya cuma bisa buat lagu “BALONKU ADA LIMA..Saya puas ! Setidaknya banyak pecatur yg kesulitan menjawab soalku.hehehe…Sampai saat ini belum ada seorangpun yg menghargai karya saya mas..mereka menganggap problemkan banyak di buku-buku jadi gampang buatnya ! Lah emang belum banyak dipublikasikan. Pada soal diataskan kita lihat benteng d1 ga boleh tinggalkan baris pertama,gajah ga boleh tinggalkan diagonal h4-d8,jadi ini jenis KOMBINASI GANGGUAN.
    seringkali komputer membantu saya kok,dalam hal kuda e1.hehehe ide itu datang dari Chessmaster ! Tanpa chessmaster kita akan kesulitan.buatnya lama sekalee…

  14. 14 Sansan
    Mei 19, 2009 pukul 12:08 am

    nurut saya bikin problem ga mudah.soal diatas 5 jam lama buatnya ..kadang saya mencari suatu ide sampe sejam lebih tdk dapat apa-apa,gagal.atau idenya terlalu rumit hingga gagal ditengah jalan,lalu cari ide lainnya yg lebih mudah.sekarang ada 21 buah hasil gubahanku.Buat non master lumayan yah…

  15. Mei 19, 2009 pukul 2:29 pm

    yeee… yg punya blog di cuekin… :lol:

  16. 16 gatot
    Mei 19, 2009 pukul 3:33 pm

    pak Nurta…kalu problem catur 2 nya mana ? kok ga ada sih….dibolak-balik tetap ga ketemu.

  17. 17 Dalai_lama 5
    Mei 20, 2009 pukul 1:03 pm

    trik main blitz buat pecinta catur :no 1. Yg utama lihatlah buah catur musuhmu 70% & buah catur sendiri 30% saja.Mengapa? karena kita terbiasa melihat buah sendiri.(perlu waktu lama membiasakan) setelah itu barulah bisa melakukan trik no 2.Selalu menerka apa yg akan musuhmu langkahkan ? Sibukkan pikiran dgn menerka langkah musuh !3.Jangan suka makan sampah (pion) waktu pertarungan sengit.(kecuali adem ayem aja)4.sering pion lebih baik dikorban saja daripada serangan musuh bertambah kuat.5.Perhatikan petak yg ditinggalkan musuh,jika bisa manfaatkan.contoh lawan menggerakkan Kuda f6 kepinggir,maka petak d5 sudah dilepas oleh kuda itu.segera manfaatkan.6.Jangan memindahkan perwira yg sudah benar letaknya ke tempat yg pasif. 7.jgn memajukan pion yang justru melemahkan satu petak penting dipertahanan. 8.jika anda kesulitan melawan suatu pembukaan,lakukan pembukaan yg dimainkan lawanmu,dan belajar dari langkah lawanmu. 9 Jgn mencari langkah terkuat tapi langkah kuat dan aman saja.agar punya waktu cadangan bila situasi pelik didepan.10 Jika kita menyerang jgn menukar buah,sebaliknya kalu diserang kita mesti menukar buah besar2 an. Demikian beberapa cara yg saya pakai selama main catur online di playchess.com jika anda mau coba ketangguhan si Dalai_lama 5 silakan menghubungi 0899 8531 685 hehehe…

  18. 18 dalai-lama 5
    Mei 20, 2009 pukul 2:13 pm

    eh, yang namanya banditz ampe kewalahan menghadapi gempuran serangan gue hahaha… ngomong-ngomong mana problem catur 6 nya ya ? sdr Nurta San di posting dong,gue suka pecahin problem catur nih.

  19. Mei 20, 2009 pukul 5:14 pm

    Makasih tipsnya, kayaknya master catur kilat nih.

    Saya catur normal aja sering blunder apalagi catur cepat, hehe.

  20. 20 sansan
    Mei 21, 2009 pukul 11:08 am

    kepada bpk Hidayat Maruta alias Tjoa Giok Hing,yg dulu pernah termasyur dalam menggubah problem catur di Jogjakarta ,saya mohon nasehat anda.Anda diminta kesediaannya untuk menghubungi saya di no 0899 8531 685.

  21. Mei 25, 2009 pukul 4:56 pm

    mana sih problem catur 2 ? kok ga ada….

  22. 22 acung
    Mei 25, 2009 pukul 10:49 pm

    siapa yg mau bertanya soal agama dan kesadaran, silakan hubungi saya di
    sidhartabrian@yahoo.com

  23. Mei 28, 2009 pukul 2:53 am

    Problem catur 2 ada kok :D klik disini: http://achoox.wordpress.com/2008/10/12/problem-catur-2/

    Wah2 trik om sansan boleh juga tuh! :D Banditz udah dibanned ama satpam nya playchess.com :( udah buat yg baru (Shikamaru) buat yg belum pernah ke playchess.com baca infonya disini: http://achoox.wordpress.com/2008/08/25/serunya-bermain-catur-online-di-playchesscom/
    untuk problem catur 6 masih dalam email hehehe sabar aja om sansan :lol:

  24. Mei 31, 2009 pukul 4:55 pm

    Kenapa di banned om? Peraturannya ketat?

  25. 25 Sansan
    Juni 5, 2009 pukul 6:11 pm

    ehm..bung Nurta,kok isi komentar disini bisa terlihat pembaca? di blog ku komen masuk tapi ga bisa terlihat,gimana caranya..? trims

  26. 26 Sansan
    Juni 6, 2009 pukul 7:47 pm

    terima kasih banyak bung Nurta…atas tempat curhatnya hehehe….

  27. 27 kosasih
    Agustus 3, 2010 pukul 2:24 pm

    maaf om nurta san, saya pecinta baru problem catur dan baru sekarang berkunjung ke blog ini,mengenai problem catur 5 yang di pecahkan oleh arsdc. saya belum paham, mohon bimbinganya, bahasa caturnya yang lebih mudah dipahami. terima kasih atas jawabannya

  28. April 16, 2011 pukul 12:51 pm

    bener gak ntar raja hitam mati dibunuh luncuk
    ….pertamanya angkat kuda disamping raj lalu skak….. rajanya pasti lari kepinggir……….. lalu skak pakei luncuk

  29. Mei 23, 2011 pukul 4:38 am

    jwaban answeringkristen mantap
    pengennya 2 langkah skak mat…..tp ntar dulu

    luncuknya keburu di makan luncuk putih tuh??
    perbaikan dikit:
    setelah skak pke kuda,makan dlu luncuk hitam bru skak lagi pke luncuk ke d8
    bru 3 lngkah skak mat…

  30. Mei 23, 2011 pukul 4:40 pm

    tp kalau hbis mkan luncuk jalan skak di tutup ster
    skak aja pke ster ke a1…amat jga

  31. Juli 22, 2011 pukul 4:33 am

    gimana sii cara nya untuk mematikan nya???
    susah jug yah..

  32. 32 gusty
    Oktober 14, 2011 pukul 10:52 am

    gab mw nanya ap arti dri tulisn

    1. Rg3 h1Q
    2. Ne1+ Kb5
    3. Nc2+

    1. Rg3 Rxg3
    2. Nd6+ Kb5
    3. Ra1+

    1. Rg3 Bxg3
    2. Nd6+ Kb5
    3. Bd8+

    gw ngk ngrti gab

  33. 33 sakamaru
    November 12, 2011 pukul 10:57 pm

    tolong kasi problem yang agak sulit itu mudah untuk seorang sikamaru

  34. November 27, 2011 pukul 1:24 pm

    ok.om sy pencinta catur

  35. Januari 11, 2012 pukul 9:30 pm

    bener problemnya asli ciptan sendiri, krn klo gak slah problem ini pernah kudownload tempatnya di 10000 chess puzzle filenya berformat pdf klo gak slah nama bukuny amerikan chess problem

  36. 36 hartono
    Februari 7, 2012 pukul 3:12 pm

    waaaa…kalo ini sih…cuma 2 lngkah mat!

  37. 37 nur
    November 19, 2012 pukul 9:11 am

    sepertinya problem ini masih ada celah, ketika putih Rg7-g3, hitam Rg1xd1 apa masih bisa mati 3 langkah?

  38. 38 mawar
    Maret 7, 2013 pukul 8:27 pm

    2 langkah bisa kok.
    1. Kd6 Ra5
    2.Gd8++

  39. April 13, 2013 pukul 9:52 pm

    yaah itu mah problem cemen.. ga usah 3 langkah.. 2 langkah pun gw sanggup matiin

  40. 40 sansan
    Mei 30, 2013 pukul 12:41 am

    2 langkah gmn?

  41. 41 telaga
    November 11, 2013 pukul 4:36 am

    gw mau jelaskn pakek bahasan sehari-hari
    pertama skak sam kuda, lalu benteng hitam makan sama benteng yg sejajar tegak lurus, baru skak sama benteng satunya, mati kan..!!!

    Klo yang dua langkh mah g bisa..!!!


Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

