18
Agu
08

Ngerti Bahasa Anjing Lewat Komputer

Suara menggonggong, melolong, menyalak yang dikeluarkan anjing yang biasa kita dengar, segera bisa dimengerti artinya. Suara-suara khas hewan berkaki empat itu kini bisa dibedakan oleh program komputer baru yang dikembangkan ilmuwan Hungaria. Piranti lunak ini dilaporkan bisa membedakan reaksi emosional 14 ekor anjing jenis Mudi Hungaria.

Setelah menganalisis 6.000 suara anjing menyalak, program itu diarahkan untuk menentukan apakah seekor anjing telah menemukan bola, sedang bertarung, bermain, bertemu orang asing atau ingin berjalan-jalan.

Namun, tim ilmuwan mengakui teknologi hanya sedikit lebih baik dari kemampuan manusia. Komputer dengan software tersebut bisa mengenali keadaan emosional 43% anjing, sedangkan manusia bisa mengidentifikasi 40%.

Meski demikian, si penyusun penelitian – Csaba Molnar dari Universitas Eotvos di Budapest – mengatakan, software tadi bisa diperbaiki, dan mengatakan bahwa piranti lunak itu mungkin juga bisa diterapkan untuk analisis komunikasi manusia.

“Saya katakan bahwa kami telah membuktikan ada perbedaan kontekstual yang sangat kuat di antara suara menyalak, namun penelitian panjang lain diperlukan untuk menentukan berbagai keadaan emosional dan ciri setiap jenis anjing,” tuturnya.

Ia menambahkan, “Di masa datang, kita bisa menggunakan software ini untuk setiap kategori vokal atau sinyal lain.”

Sang ilmuwan juga yakin bahwa versi berikut software tersebut mungkin bisa membantu pemilik dan pelatih anjing mengidentifikasi keadaan anjing secara lebih seksama.

“Potensi aplikasi komersial mungkin berupa peralatan komunikasi anjing-manusia,” kata ilmuwan itu pada kantor berita Reuters.(hen)

sumber : kapanlagi.com


2 Responses to “Ngerti Bahasa Anjing Lewat Komputer”


  1. 2 achoox
    Agustus 22, 2008 pukul 1:19 pm

    @madzz
    Salam kenal juga mas, sorry nih blognya masih baru😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: