18
Agu
08

Tips Belanja di Dunia Maya

Tidak seperti di luar negeri, masyarakat Indonesia masih belum akrab dengan yang namanya online shopping. Padahal berbelanja secara online menjanjikan kemudahan yang tak didapat dari conventional-style shopping: pemilihan barang dan transaksi dapat dilakukan tanpa mengangkat tubuh sedikit pun dari depan layar komputer.

Bagi yang sudah akrab dengan online shopping, tentunya sudah fasih dengan rambu-rambu yang harus dicermati untuk menghindarkan diri dari terkena cyber crime, seperti kartu kredit yang tercuri, dan lain-lain. Namun bagi yang baru ingin mencoba model berbelanja ini, tak ada salahnya menilik beberapa hal berikut sebelum berlanjut ke proses transaksi.

1. Lakukan online shopping hanya dari situs yang terpercaya. Bagaimana menemukan situs yang kredibel seperti ini? Cari referensi dari teman yang sudah berpengalaman dalam online shopping. Bila tidak punya referensi, rajin-rajinlah browsing dan cermati bagaimana sebuah situs online shopping mememperlakukan pembeli mereka. Cermati Terms of Condition dan barang-barang yang mereka jual. Satu hal, situs online shopping yang kredibel terlihat dari jumlah testimonial yang dikirimkan customer mereka.

Bila Anda tidak berani mengambil resiko dengan situs online shopping lain, amazon.com atau ebay.com bisa Anda coba untuk praktek pertama.

2. Cermati butir yang menyebutkan tentang jaminan uang kembali bila barang yang diterima rusak atau cacat. Situs yang kredibel secara transparan mencantumkan butir ini.

3. Periksa kelengkapan identitas dari situs tersebut. Situs yang kredibel tak segan mencantumkan profil perusahaan atau alamat dan nomor telepon yang jelas. Lebih baik tidak bertransaksi dengan situs yang tidak mencantumkan hal-hal esensial seperti ini.

4. Dan ini yang paling penting. Ketika melakukan proses transaksi, berhati-hatilah untuk tidak memberikan keterangan pribadi yang sebenarnya tak perlu, seperti nomor rekening bank atau nomor KTP. Walaupun kelihatannya tidak penting, tapi informasi seperti ini bisa disalahgunakan bila jatuh ke tangan pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab.

5. Bila berurusan dengan situs online shopping lokal, lebih baik lakukan pembayaran model Cash on Delivery. Dengan model pembayaran ini, risiko uang hilang tapi barang tak didapat, dapat lebih diminimalisir.


1 Response to “Tips Belanja di Dunia Maya”


  1. 1 Adi
    September 9, 2009 pukul 11:02 am

    Terima kasih, info Anda sangat membantu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: