11
Nov
08

Jawaban Problem Catur 3

Udah seminggu lebih Problem Catur 3 belum terpecahkan, kalo gitu saya kasih deh jawabannya:😀
Putih melangkah:

1. Ba4-a8+ Rb8xb7
2. Ba8-a5 Pion g5-g4
3. Ba5xh5 Pion g3-g2
4. Bh5-b5+! Rb7-c6
5. Bb5-b1 Rc6-d5

Langkah selanjutnya dicari sendiri ya?!:mrgreen:


6 Responses to “Jawaban Problem Catur 3”


  1. Maret 2, 2009 pukul 4:49 am

    catur 3 kayak gak masuk akal

  2. 2 joko setiono
    Maret 2, 2009 pukul 8:28 pm

    waah susah amat sih memahami jawabannya

  3. 3 joko setiono
    Maret 10, 2009 pukul 12:04 am

    jadi gimana dong solusi problem catur tiga

  4. Maret 10, 2009 pukul 6:58 am

    halo pak joko.. maaf baru hari ini saya merespon komentar anda… lanjutan dari jawaban problem catur 3 diatas adalah: setelah Raja hitam melangkah ke D5, Benteng B1 tidak boleh langsung ke G1 untuk mengancam Pion G2, sebab akan terjadi remis.. karena Raja putih terlalu jauh untuk ikut mencegah pion G4 untuk promosi karna terdahului oleh pembelaan yg dilakukan oleh Raja hitam terhadap bidaknya, jadi mau tidak mau benteng harus memukul kedua pion tersebut… jadi solusinya adalah, Benteng B1 ke E1!! maksudnya untuk mencegah raja hitam melakukan pembelaan terhadap bidaknya.. jika: 6… Raja Hitam D5-D4 bermaksud mendekati benteng E1, barulah Raja putih ikut serta mengamankan dengan melangkah ke B2.. lanjut: 7… Raja D4-D3 8. Raja B2-C1 Pion G4-G3 9. Raja C1-D1 Raja D3-D4 10. Raja D1-C2 Raja D4-C5 barulah Benteng E1 aman ke G1 untuk memukul semua bidak karna Raja Hitam yg di C5 sudah tidak dapat lagi membela bidak2 nya… gimana pak joko udah paham kan?😀 .. terima kasih atas kunjungan & komentarnya🙂

  5. 5 mr_gonggo
    Mei 24, 2009 pukul 12:24 am

    aduhh… jawabannya kayanya salah nie….!!! thank’s

  6. Juni 26, 2011 pukul 5:15 pm

    problemx gampang banget abis aku sering berhadapan dgn ending catur yg mirip dgn problemnya ups anda punyagak software catur rybka 4 ato haodini 1.5


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: