17
Des
08

Irene Kharisma Grand Master Wanita Pertama Di Indonesia

irene-kharismaPecatur putri nomor satu Indonesia, Irene Kharisma Sukandar, dipastikan menyandang gelar Grand Master Wanita (GMW) dan menjadi GMW pertama Indonesia, menyusul pemberian sertifikat norma GMW ketiga untuk Irene yang diserahkan oleh Presiden Konfederasi Catur ASEAN Ignatius Leong saat dia bertanding di Singapura Terbuka pada 9-14 Desember 2008.

“Irene memastikan meraih norma GMW ketiganya setelah dia menyelesaikan Olimpiade Catur di Dresden, Jerman baru-baru ini,” demikian menurut Humas PB Percasi Kristianus Liem, Rabu.

Saat itu Sabtu 13 Desember 2008, Singapura Terbuka sudah memasuki babak kedelapan, Irene, yang gelisah karena tawaran remisnya ditolak Yang Kaiqi (rating 2429) dari China, tengah berjalan menuju kamar kecil. Dan secara kebetulan berpapasan dengan Presiden Asosiasi Catur ASEAN Ignatius Leong yang langsung menahannya dan memberikan sertifikat yang diidam-idamkannya itu.

“Ah, yang benar, seriuskah ini?” kata Irene kepada Ignatius Leong. “Sebab sudah dihitung tempo hari rata-rata ratingnya kurang sedikit dari persyaratan,” jelas Irene polos.

“Kamu lihat saja sertifikat tersebut, siapa saja yang menandatanganinya? Perhatikan pula keaslian stempelnya. Kok bukannya senang malah meragukan?” ujar Leong.

Sementara itu, kapten tim putri Indonesia untuk Olimpiade Dresden 2008 MF Sebastian Simanjuntak ketika dihubungi menyebutkan, rating rata-rata lawan Irene masih kurang tujuh poin dari persyaratan minimal.

“Tapi ketika saya tanyakan ke Leong, beliau bilang biarlah itu tanggung jawab para wasit yang menghitung. Yang penting tanda tangan dan stempelnya asli,” kata Sebastian yang juga main pada Singapura Terbuka dan Kuala Lumpur Terbuka.

“Sebagai wasit ketua Olimpiade Catur Dresden, tugas saya menandatangani seluruh sertifikat norma gelar yang disodorkan seluruh tim wasit yang bertugas di sana. Saya tidak merasa perlu mengecek ulang penghitungan maupun aturan mana yang mereka pergunakan. Saya percaya mereka semua memang sudah memiliki kualifikasi untuk itu?” kata Ignatius Leong yang juga Sekjen FIDE itu ketika dihubungi.


17 Responses to “Irene Kharisma Grand Master Wanita Pertama Di Indonesia”


  1. 1 wihu
    Desember 18, 2008 pukul 2:59 am

    Selamat untuk Irene. Semoga terus mencapai gelar GM๐Ÿ™‚

    Saya sudah pernah memberikan komentar baik di IndoChess maupun di blog Pak Kris mengenai norma WGM yang diperoleh Irene tepat setelah babak 9 selesai, tapi tidak ditanggapi.

    http://id.indochess.com/discussion.php?otype=105&oforumPage=2

    Sayang, mengapa hal ini butuh menunggu 3 minggu dan momentnya hilang… Mudah-mudahan ke depan ofisial Percasi bisa lebih teliti dan tidak mengabaikan komentar orang lain begitu saja.

  2. Desember 18, 2008 pukul 3:39 am

    Wah.. ternyata Pak Wihu udah mengetahui beritanya dari 3 minggu yg lalu toh..๐Ÿ˜€ saya baca di alamat forum yg Pak Wihu tulis diatas, ternyata Pak Wihu selau ngikutin turnamen catur di luar negri ya pak?! asik dong pak..๐Ÿ™‚ untuk official percasi lebih teliti lagi donk!!

  3. Desember 19, 2008 pukul 10:29 am

    Semoga kelak muncul Srikandi-Srikandi lainya diberbagai cabang olahraga…

  4. Desember 19, 2008 pukul 12:15 pm

    lahi online kagak YM saya teguh.imam

  5. Desember 19, 2008 pukul 7:55 pm

    Gak heran kali irene sangsi abiz nyerahinnya di moment seperti itu hehe…
    Selamat untuk Irene, semoga sukses selalu di ajang2 bergengsi dunia

  6. Desember 20, 2008 pukul 12:42 am

    salut tuk Irene! Congrats.

    baik banget ya pak Ignatius Leong nya??

  7. Desember 20, 2008 pukul 6:29 pm

    wah rupanya ada pecatur bloger, gw sih udah 100% mundur dr dunia catur pas tamat sma tau utut ketrima di unpad *halah* (set ngeles mode: on)

    Terakhir inget soal catur pas gegeran wawancara menpora via tilpun di sctv soal pemberangkatan atlit catur anak2 (siapa ya namanya?) bbrp taon lalu. Waah… waktu itu guondoook n trenyuh bgt liat rekamannya di internet. Sayangnya gw ga liat langsung siarannya, kalo liat pasti gw ikutan nilpun2 deh

    Salud bwat Irene Kharisma Sukandar

  8. Desember 20, 2008 pukul 9:06 pm

    Kalo saya kebalikannya lagi mas.. saya mundur dari dunia musik ngeband sekitar 3 thn yg lalu dan beralih ke catur๐Ÿ™‚ tapi… masih senang dengar Hoobastank jg sih..๐Ÿ˜€

  9. 9 arifrahmanlubis
    Desember 24, 2008 pukul 3:23 pm

    salam kenal mas๐Ÿ™‚

    olah raga yang suka tapi males mainnya๐Ÿ™‚

  10. Desember 26, 2008 pukul 2:57 pm

    Thanks atas infonya…aku kok baru tau ya kalau Indonesia juga memiliki Pahlawan tangguh dibidang catur.
    Salam kenal………

  11. Desember 27, 2008 pukul 2:53 am

    horeee…akhirnya ada jg GM Wanita dri indonesia..salut tuk irene..slam kenal

  12. Desember 29, 2008 pukul 10:39 am

    Salam kenal
    Salut buat Irene, sekarang terbukti bahwa orang indonesia banyak yang memiliki otak briliant cuma mungkin kesempatan aja yang belum ada

  13. Desember 29, 2008 pukul 10:41 am

    Salam kenal buat yang punya blog

  14. Desember 29, 2008 pukul 2:26 pm

    Salam kenal jg bro…๐Ÿ™‚

  15. 15 ukhy
    Maret 25, 2009 pukul 4:56 am

    luar biasaaaa sampai tak bisa berkata-kata


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: